Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep
dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau
sebaliknya.
|
||
Disajikan dua
buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga
buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB
atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat
dua.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan
pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat
penyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan penarikan akar pangkat
tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas
dan volume waktu serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan
satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang
disajikan dalam soal cerita
sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan
volum.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat
atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak,
kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep,
sifat dan unsur-
unsur bangun
geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait
dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep
transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa
sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan
dari gambar
suatu bangun datar yang
disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
||
Disajikan
gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga
dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk
menentukan
letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan
beberapa titik pada bidang
koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan
data penyajian data dengan
tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data
dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 –
10 data).
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel
(banyak data kurang dari 20
data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari
sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah
dari
data yang disajikan.
|
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!
0 komentar:
Posting Komentar