Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
NO. 
 | 
  
KOMPETENSI 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1. 
 | 
  
Memahami konsep
  dan operasi 
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan
  sehari-hari 
 | 
  
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran 
bilangan cacah. 
 | 
 
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan 
dengan operasi hitung campuran
  bilangan cacah. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran 
bilangan bulat. 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan 
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian 
dan pembagian berbagai bentuk pecahan. 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang 
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan 
dari besar ke kecil atau
  sebaliknya. 
 | 
 ||
Disajikan dua
  buah bilangan, siswa dapat menentukan 
KPK atau FPB dalam bentuk
  faktorisasinya. 
 | 
 ||
Disajikan tiga
  buah bilangan dua angka, siswa dapat 
menentukan FPB
  atau KPK-nya. 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan 
dengan KPK. 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan 
dengan FPB. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat
  dua. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat 
tiga dari suatu bilangan
  pangkat tiga. 
 | 
 ||
Siswa dapat
  penyelesaikan masalah yang
  berkaitan 
dengan penarikan akar pangkat
  tiga. 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Memahami konsep
  ukuran dan 
pengukuran berat, panjang, luas
  dan volume waktu serta
  penggunaannya dalam pemecahan masalah
  kehidupan sehari-hari 
 | 
  
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan 
pengurangan ukuran waktu dengan
  satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang
  disajikan dalam soal cerita
  sederhana. 
 | 
 
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan 
dengan satuan debit atau satuan
  volum. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang 
berkaitan dengan ukuran berat
  atau satuan luas. 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang 
berkaitan dengan jarak,
  kecepatan, dan waktu. 
 | 
 ||
3. 
 | 
  
Memahami konsep,
  sifat dan unsur- 
unsur bangun
  geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait
  dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep
  transformasi bangun datar, serta
  dapat menggunakannya dalam
  kehidupan sehari-hari 
 | 
  
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari 
beberapa
  sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya. 
 | 
 
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan
  dari gambar 
suatu bangun datar yang
  disajikan. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada 
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk). 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama 
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan. 
 | 
NO. 
 | 
  
KOMPETENSI 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun 
ruang. 
 | 
 ||
Disajikan
  gambar bangun datar dengan ukuran yang 
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari 
dua bangun datar sederhana. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal 
setengah lingkaran). 
 | 
 ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan 
dengan volum kubus atau balok. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga
  dari 
suatu gambar yang ukurannya diketahui. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu 
gambar tabung yang ukurannya diketahui. 
 | 
 ||
4. 
 | 
  
Memahami konsep
  koordinat untuk 
menentukan
  letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah 
 | 
  
Diberikan
  beberapa titik pada bidang
  koordinat, siswa 
dapat menentukan koordinat salah satu titik. 
 | 
 
5. 
 | 
  
Memahami konsep
  pengumpulan 
data penyajian data dengan
  tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata
  serta menerapkan dalam pemecahan
  masalah kehidupan sehari-hari 
 | 
  
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar 
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll). 
 | 
 
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram 
lingkaran yang disajikan (data
  dari persentase atau besar sudut tertentu). 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang 
disajikan dalam bentuk tabel. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
  yang 
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan 
data (rentang banyak data 6 –
  10 data). 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data 
berbentuk tabel
  (banyak data kurang dari 20
  data). 
 | 
 ||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data 
berbentuk diagram batang. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan nilai median dari
  sekumpulan 
data tunggal yang disajikan. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang 
disajikan dalam bentuk soal cerita. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah
  dari 
data yang disajikan. 
 | 
 
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!

0 komentar:
Posting Komentar