Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
| 
   
NO. 
 | 
  
   
KOMPETENSI 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Memahami ciri-ciri
  dan 
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
  tumbuhan dan hewan bagi manusia,
  serta upaya pelestariannya. 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada 
hewan/tumbuhan tertentu 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu 
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan
  bagi 
kehidupan manusia/lingkungan 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan 
hewan/tumbuhan langka 
 | 
 ||
| 
   
2. 
 | 
  
   
Memahami perkembangbiakan 
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan 
 | 
  
   
Disajikan
  gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat 
menentukan cara
  perkembangbiakannya 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan 
fisik pada manusia 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan 
 | 
 ||
| 
   
3. 
 | 
  
   
Memahami saling
  ketergantungan 
antarmakhluk hidup 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar 
makhluk hidup
  (salah satu jenis simbiosis) 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok 
dalam komunitas/ekosistem tertentu 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem 
berdasarkan gambar rantai makanan 
 | 
 ||
| 
   
4. 
 | 
  
   
Memahami penyesuaian
  diri pada 
makhluk hidup
  serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia 
terhadap keseimbangan lingkungan 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada 
hewan/tumbuhan tertentu 
 | 
 ||
| 
   
5. 
 | 
  
   
Memahami bagian tubuh
  manusia, 
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi
  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. 
 | 
  
   
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan 
berdasarkan strukturnya 
 | 
 
| 
   
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan 
fungsi bagian yang ditunjuk 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
  salah 
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan gambar alat pencernaan manusia,
  siswa dapat 
menjelaskan
  proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh
  bagian yang ditunjuk 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah 
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia 
berdasarkan gambar 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu 
bagi kesehatan tubuh manusia 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu
  jenis 
penyakit pada manusia 
 | 
 ||
| 
   
6. 
 | 
  
   
Memahami sifat
  penyusun benda, 
perubahan bentuk benda dan
  kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
   
Disajikan
  ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat 
menentukan
  jenis perubahan wujud zat yang terjadi 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk 
keperluan
  tertentu atau dapat menyebutkan
  bahan dasar benda tertentu 
 | 
| 
   
NO. 
 | 
  
   
KOMPETENSI 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat 
menjelaskan
  pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan
  kalor 
yang terjadi pada suatu
  kegiatan/peristiwa 
 | 
 ||
| 
   
7. 
 | 
  
   
Memahami hubungan
  antara gaya, 
gerak, energi dan perubahannya,
  serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari. 
 | 
  
   
Disajikan
  gambar kegiatan tertentu, siswa
  dapat 
menentukan
  jenis gaya yang dimanfaatkan 
 | 
 
| 
   
Disajikan pernyataan/gambar,
  siswa dapat 
mengidentifikasi
  gaya dapat mengubah gerak/bentuk
  suatu benda 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan gambar/ilustrasi
  suatu kegiatan, siswa dapat 
menentukan
  jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan. 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan
  gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan 
sumber bunyi dari alat tersebut 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan
  gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan 
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan
  gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan 
perubahan energi yang terjadi 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam 
kehidupan sehari-hari. 
 | 
 ||
| 
   
Disajikan
  gambar rangkaian listrik, siswa
  dapat 
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung 
 | 
 ||
| 
   
8. 
 | 
  
   
Mendeskripsikan
  berbagai jenis 
sumber daya alam,
  perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan. 
 | 
  
   
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah 
 | 
 
| 
   
Disajikan
  gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan 
manfaat salah
  satu jenis sumber daya alam 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia 
yang dapat mengubah permukaan bumi
  (pertanian, perkotaan, dsb) 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam 
yang dapat diperbaharui/tidak
  dapat diperbaharui. 
 | 
 ||
| 
   
9. 
 | 
  
   
Memahami sistem tata surya bagi 
kehidupan. 
 | 
  
   
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata
  surya 
 | 
 
| 
   
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan 
terhadap kehidupan di bumi 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana 
matahari/bulan
  atau menjelaskan terjadinya gerhana
  matahari/bulan. 
 | 
 ||
| 
   
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun 
masehi/tahun hijriah. 
 | 
 
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!

0 komentar:
Posting Komentar