Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
tumbuhan dan hewan bagi manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan
contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan
bagi
kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan langka
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan
gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara
perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan
antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup
(salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian
diri pada
makhluk hidup
serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia,
siswa dapat
menjelaskan
proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh
bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu
jenis
penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat
penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan
kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan
jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan
tertentu atau dapat menyebutkan
bahan dasar benda tertentu
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan
kalor
yang terjadi pada suatu
kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan
antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya,
serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
|
Disajikan
gambar kegiatan tertentu, siswa
dapat
menentukan
jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar,
siswa dapat
mengidentifikasi
gaya dapat mengubah gerak/bentuk
suatu benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa
dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan
berbagai jenis
sumber daya alam,
perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah
satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak
dapat diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata
surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan
atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.
|
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!
0 komentar:
Posting Komentar