Senin, 09 Januari 2012

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012


Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan langka
2.
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
3.
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
4.
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
5.
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
6.
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
7.
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
8.
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9.
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.


Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!

0 komentar:

 
;