Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
 
 
 
NO. 
 | 
  
KOMPETENSI 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
1. 
 | 
  
Membaca 
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
  pengumumsn, petunjuk pemakaian,
  ringkasan, makna kata, dan rubrik
  khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan
  drama anak. 
 | 
  
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa
  dapat: 
• menjawab
  pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa) 
• membuat
  kalimat tanya sesuai dengan isi
  salah satu paragraf 
• menentukan ide
  pokok salah satu paragraf 
• menentukan
  kalimat yang sesuai dengan salah
  satu paragraf. 
 | 
 
Disajikan
  gambar kemasan obat yang terdapat 
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan
  tingkatan umur. 
 | 
 ||
Disajikan
  petunjuk penggunaan sebuah produk yang 
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat. 
 | 
 ||
Disajikan
  rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat 
menentukan kalimat saran dengan tepat. 
 | 
 ||
Disajikan cuplikan
  pengumuman, siswa dapat 
menentukan
  isinya. 
 | 
 ||
Disajikan teks
  drama, siswa dapat: 
• menentukan
  tokoh utama 
• menentukan
  latar 
• menentukan amanatnya. 
 | 
 ||
Disajikan
  paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa 
dapat menentukan kalimat utamanya. 
 | 
 ||
Disajikan teks
  percakapan, siswa dapat menyimpulkan 
isinya. 
 | 
 ||
Disajikan
  sebuah paragraf, siswa dapat: 
• menentukan makna yang terkait di dalamnya 
• mengartikan
  salah satu kata sulit dalam
  kalimat. 
• Menentukan
  antonim salah satu kata yang
  terdapat di dalam paragraf. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi 
yang disajikan. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi 
yang disajikan. 
 | 
 ||
Disajikan
  pantun, siswa dapat menentukan
  pesan yang 
terkandung di dalamnya. 
 | 
 ||
Disajikan dua
  teks, siswa dapat menentukan 
persamaannya 
 | 
 ||
Disajikan
  jadwal perjalanan beberapa nama
  kereta api 
berbagai jurusan, siswa dapat: 
• membuat
  pernyataan sesuai isi jadwal 
• menentukan
  kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal 
 | 
NO. 
 | 
  
KOMPETENSI 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
Disajikan
  puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud 
yang terkandung di dalamnya. 
 | 
 ||
Disajikan cuplikan
  cerita anak, siswa dapat 
menyimpulkan
  isinya. 
 | 
 ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat: 
• menentukan
  isinya 
• memperbaiki
  kalimat yang salah strukturnya. 
 | 
 ||
Disajikan
  percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat 
menentukan
  topiknya. 
 | 
 ||
Disajikan teks
  satu paragraf, siswa dapat: 
• menentukan
  ringkasannya 
• menentukan temanya 
• menentukan
  pesan yang terkandung di dalamnya. 
 | 
 ||
Disajikan teks
  puisi pendek, siswa dapat: 
• menentukan
  parafrase yang tepat 
• menentukan makna kata
  pada puisi yang disajikan. 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Menulis 
Mengungkapkan pikiran,
  perasaan, dan informasi dalam
  bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan
  kata yang tepat; menulis berbagai
  karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun 
 | 
  
Disajikan
  petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, 
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut. 
 | 
 
• Disajikan empat
  kalimat yang disusun secara acak,
  siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu. 
• Disajikan dua
  kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
  tepat. 
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat. 
 | 
 ||
Disajikan
  surat undangan suatu kegiatan yang
  belum 
lengkap, siswa dapat melengkapi
  dengan kalimat efektif yang tepat. 
 | 
 ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat
  surat 
yang disajikan. 
 | 
 ||
Disajikan
  cuplikan pengumuman
  yang belum lengkap, 
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat. 
 | 
 ||
Disajikan
  dialog antara dua atau tiga orang yang 
belum lengkap, siswa dapat melengkapi
  dengan kalimat yang tepat. 
 | 
 ||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat 
melengkapi formulir
  sesuai dengan data yang disajikan. 
 | 
 ||
Disajikan teks
  pidato yang belum lengkap, siswa 
dapat: 
• melengkapi
  dengan kalimat yang tepat 
• memperbaiki
  kalimat yang ejaannya salah. 
 | 
 ||
Disajikan
  surat resmi yang di dalamnya
  terdapat kata 
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
  dengan kata yang sesuai orang yang dituju. 
 | 
 ||
Disajikan cuplikan
  laporan, siswa dapat membetulkan 
ejaan yang salah. 
 | 
 ||
Disajikan
  data, siswa dapat menentukan kalimat 
laporan sesuai data. 
 | 
NO. 
 | 
  
KOMPETENSI 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
 
Disajikan
  sebuah pantun yang belum lengkap di 
bagian isi, siswa dapat
  melengkapi dengan kalimat yang
  tepat. 
 | 
 ||
Disajikan
  gambar kegiatan, siswa dapat menyusun 
sebuah paragraf yang sesuai
  dengan maksud gambar. 
 | 
 ||
Disajikan
  paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi 
dengan kalimat yang tepat. 
 | 
 
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!

0 komentar:
Posting Komentar