Dalam tabel berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 (Kompetensi -Standar Isi Untuk SD/MI)
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan
drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa
dapat:
• menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi
salah satu paragraf
• menentukan ide
pokok salah satu paragraf
• menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah
satu paragraf.
|
Disajikan
gambar kemasan obat yang terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan
tingkatan umur.
|
||
Disajikan
petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan
pengumuman, siswa dapat
menentukan
isinya.
|
||
Disajikan teks
drama, siswa dapat:
• menentukan
tokoh utama
• menentukan
latar
• menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan
paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks
percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan
salah satu kata sulit dalam
kalimat.
• Menentukan
antonim salah satu kata yang
terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan
pesan yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua
teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
|
||
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa nama
kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat
pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan
kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan cuplikan
cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan
isinya
• memperbaiki
kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks
satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan
ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks
puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan
parafrase yang tepat
• menentukan makna kata
pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam
bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan
kata yang tepat; menulis berbagai
karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
• Disajikan empat
kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan dua
kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang
belum
lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat
surat
yang disajikan.
|
||
Disajikan
cuplikan pengumuman
yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir
sesuai dengan data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks
pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi
dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki
kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya
terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan
laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
|
||
Disajikan
data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang
tepat.
|
||
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai
dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
Dengan sudah adanya kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 dari DIKNAS ini kita dapat lebih mudah mempersiapkan soal-soal yang akan dihadapi ketika Ujian.. Semangat !!!
0 komentar:
Posting Komentar