Minggu, 07 Oktober 2012

Workshop Media Pembelajaran Kreatif AlMarjan !!!


Sabtu, 6 Oktober 2012, ada yang tidak biasa dengan semua guru di AlMarjan baik TKIT, SDIT maupun SMIT (SMPIT & SMAIT), karena ada yang membawa gergaji, palu, botol bekas, kalendar bekas, koran bekas dan alat-alat yang biasanya justru dibawa para siswa ketika pelajaran SBK, yaitu: spidol warna, lem fox, gunting, karton, stick eskrim, karet gelang, dauble tip, lakban, crayon, kertas origami dll.. Hal ini karena dihari terbut diadakan Workshop Media Pembelajaran Kreatif dari Global Learning Center (GLC) yang sudah setahun lebih menjadi konsultan pendidikan AlMarjan. Dan pada kesempatan tersebut yang menjadi pembicara adalah bapak Herdy Nurdin. Acara berlangsung di aula timur masjid kampus AlMarjan dari pukul 08.00 sampai 13.00 dengan konsep sederhana tapi diikuti oleh peserta dengan sangat antusias dan penuh semangat.

Dan dari acara tersebut para guru dapat membuat diantaranya adalah games stick, games domino,  games bowling, games bola papan, dll. Walaupun dari namanya games tapi semuanya juga disertakan materi pembelajaran maupun latihan soal, sehingga cara tersebut menjadi media pembelajaran yang efektif di kelas.

Terakhir yang membuat saya juga terkesan adalah para guru mendapat suatu pembalajaran bagaimana suatu permainan yang sudah ada dapat diganti menjadi permianan yang mengarah ke pembelajaran berkarakter baik dan islami. Contohnya adalah ketika hom pimpa teriakannya diganti dengan 'kun aliman, wa laa takun jahilan, jadilah anak pintar, jangan jadi anak bodoh' dll.

Kesimpulannya : Tidak ada Media atau Alat Pembelajaran yang tidak efektif, semua tergantung situasi dan kondisi :)

## klik gambar untuk memperbesar tampilan ##






(proses upload foto lainnya)

0 komentar:

 
;