Jumat, 10 Agustus 2012

Berburu Malam Lailautul Qadar Ramadhan 1433H !!!

Hari ini Jum'at, 10 Agustus 2012M bertepatan dengan 21 Ramadhan 1433H.. Tak terasa, kita sudah berada pada bagian akhir atau 10 hari terakhir bulan penuh kemuliaan ini.

Ramadhan yang sebelumnya sangat kita rindukan kehadirannya, kurang-lebih 10 hari lagi akan berlalu meninggalkan kita. "Tamu agung" ini pasti akan kembali hadir tahun depan. Pertanyaannya? Akan kan ia kembali untuk kita? Akankah kita bisa bertemu dengan bulan penuh maghfirah dan ampunan ini tahun berikutnya? Tak ada yang bisa menjamin ...

" ... kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup pada bulan Ramadhan tapi tidak sampai terampuni dosa-dosanya ... " (HR Imam Ahmad)

 

Kesempatan & harapan itu masih ada. Harapan untuk meraih rahmat, keberkahan & ampunan Allah pada Ramadhan ini masih terbuka lebar. Meski harapan itu, tinggal satu-satunya harapan yang tersisa dari kemuliaan Ramadhan, tapi Allah Rabbul Izzati justru melimpahkan keistimewaan pada 10 hari terakhir bulan suci ini. Apalagi jika bukan malam Lailatul Qadar. Yakni satu malam yang dijanjikan Allah SWT menjadi malam yang jika kita beribadah di dalamnya, nilainya lebih baik dari 1000 bulan.

" Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan & mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari & Muslim)


Berikut beberapa amal ibadah yang dilakukan Rosulullah SAW & sahabat pada malam-malam sepuluh hari terakhir Ramadhan untuk mengisi & mendirikan Lailatul Qadar:
1. Mandi, berpakaian indah & memakai harum-haruman (parfum)
2. Shalat berjama'ah, shalat sunnah, i'tikaf & membaca Al-Qur'an
3. Memperbanyak do'a
"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii."
"Ya Allah, Engkau Maha Pengampun & mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku."

0 komentar:

 
;